IMPLEMENTATION OF INQUIRY LEARNING MODEL WITH  PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) STRATEGY TO REHEARSE STUDENTS PROCESS SKILL IN CHEMICAL BONDING MATTER

  • TRIANI MANDASARI PUTRI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dan peningkatan keterampilan proses siswa setelah penerapan  model pembelajaran inkuiri dengan strategi POGIL pada materi pokok ikatan kimia. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan  rancangan  penelitian  yang  digunakan  adalah  One-Group  Pretest-Postest  Design.

Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Driyorejo. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri dengan strategi POGIL, dan lembar soal tes keterampilan proses. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persentase rata-rata keterlaksanaan strategi POGIL pada pertemuan I sebesar

96,98% (sangat baik); pertemuan II sebesar 98,29 (sangat baik); pertemuan III sebesar

98,71% (sangat  baik);  (2)  Keterampilan  proses  siswa  mengalami  ketuntasan  klasikal untuk pretest sebesar 0% dan postest sebesar 94,6, peningkatan dinyatakan dengan nilai N-Gain sebesar 0,702 (Tinggi).

Kata kumci: Strategi POGIL, Keterampilan Proses, Ikatan kimia

 

The aims of this research are to know feasibily of learning and improvement students process skillafterthe implementation ofinquiry learning modelwithPOGILstrategyin the subject matterof chemical bonds. The type of this research is descriptive quantitative and design  of  this  research  is  One-Group  Pretest-Postest  Design.  The  subjects  of  this

research is X grade students of Senior High School 1 Driyorejo. The instrument that used were observation sheet of inquiry model with POGIL strategy feasibility, and process skills test. The result of this research showed that (1) Average percentage of POGIL strategy feasibility at meeting I was 96,98% (excellent); at meeting II was 98,29% (excellent); at meeting III was 98,71% (excellent);(2) Students Process skill to experience classically completeness pretest 0% and postest 94,6%, an improvement in stated valueofN-Gain 0,702 (high)

Keyword: POGIL Strategy, Process Skill, Chemical Bonding

Published
2016-02-11
Abstract Views: 57
PDF Downloads: 71