IMPLEMENTATION OF SEMI GUIDED INQUIRY LEARNING MODEL TO PRACTICE STUDENTS’ CRITICAL THINKING SKILL AT POLAR AND NONPOLAR COVALENT BONDING TOPIC

  • RADIAN DANY APRILIA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur keterlaksanaan model pembelajaran semi guided inquiry dan mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa kelas X di SMAN 1 Driyorejo pada materi pokok ikatan kimia kovalen polar dan nonpolar. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pretest Postest Design dengan jenis penelitian pre-experimental design. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran, lembar aktivitas siswa, lembar tes keterampilan berpikir kritis, lembar tes hasil belajar, dan lembar angket respon. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran semi guided inquiry. Pada indikator keterampilan mengajukan pertanyaan mengalami peningkatan dari 1,83 menjadi 3,38, keterampilan menganalisis asumsi meningkat dari 1,75 menjadi 3,16, keterampilan menguji fakta-fakta meningkat dari 1,67 menjadi 3,20, dan keterampilan mempertimbangkan interpretasi meningkat dari 1,71 menjadi 3,20. Hal ini didukung dengan data keterlaksanaan model pembelajaran yang menyatakan bahwa peneliti yang bertindak sebagai guru melakukan sintaks dalam pembelajaran semi guided inquiry dapat dikatakan efektif selama 2 kali pertemuan dengan kategori sangat baik pada tiap-tiap fase pembelajaran.  

Kata Kunci: model semi guided inquiry, keterampilan berpikir kritis, ikatan kimia kovalen polar dan nonpolar.

This study aims to measure the feasibility of semi guided inquiry learning model and examine critical thinking skill of grade ten students of SMAN 1 Driyorejo on polar and non-polar covalent bonds. The design used in this study was one group pretest posttest with pre-experimental study type. The instruments used included observation sheet of the learning models feasibility, students’ worksheets, test paper of critical thinking skill, test paper of achievement, and questionnaire response sheet. The result showed that students’ critical thinking skill increased after applying semi guided inquiry learning model. The score of each skills indicator increased including skills of asking question from 1.83 to 3.38, analyzing assumptions from 1.75 to 3.16, testing facts from 1.67 to 3.20 and considering the interpretation from 1.71 to 3.20. The increasing skills were supported by the data of learning model feasibility stating that the researcher, who acted as the teacher performing syntax in semi guided inquiry learning, was effective in two meetings with excellent category in each learning phase.

Keywords: semi-guided inquiry model, critical thinking skill, polar and non-polar covalent bonds.

Published
2016-02-11
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 35