PEMANFAATAN MEDIA PERMAINAN TRADISIONAL SELIBUR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR STRUKTUR ATOM (THE UTILIZATION OF TRADITIONAL GAME SELIBUR AS INSTRUCTIONAL MEDIA FOR INCREASING STUDY RESULT OF ATOMIC STRUCTURE)

  • RIZKY Aulia AULIA RAHMA Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa pada materi Struktur Atom setelah menggunakan media Permainan Tradisional Selibur. Permainan ini dimainkan kurang lebih 22 orang yang terbagi menjadi 2 kelompok besar.  Pemain membuat barisan yang berjejer ke belakang, sedangkan tangannya di bahu pemain lainnya yang ada di muka, yang menjadi kepala tangannya bebas. Dibutuhkan 2 orang sebagai pembuat gerbang (kiri dan kanan), dan lainnya netral berbaris melingkar melewati gerbang yang dibuat sambil menyanyikan lagu. Permainan Tradisional Selibur ini dimodifikasi untuk menjadi media pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Struktur Atom. Permainan Selibur yang  dimodifikasi tersebut sudah melalui uji kelayakan sebagai media pembelajaran materi Struktur Atom lalu diterapkan  kepada 22 siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Manyar Gresik. Data penelitian yang diperoleh berupa hasil tes belajar siswa dan  angket respon siswa yang diberikan setelah menggunakan media Permainan Tradisional Selibur. Hasil yang didapatkan yaitu  pretest sebesar 64% menjadi 91% pada hasil posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media Permainan Tradisional Selibur dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Media Permainan Tradisional Selibur, Struktur Atom.

The purpose of this research is knowing student’s study result improvement in Atomic Structure materials  after using Selibur traditional games media. This game is played by at least 22 people which split into 2 groups. Player’s hand hold the shoulder of the player in front of him/her, except the player at the head of the line , whose hands are free. 2 players who don’t  make the line, create 2 gates for the line passing through the gates, while others sing the same song together repeatedly entering these gates. Selibur traditional game was modified in order to increase student’s study result in Atomic Structure. Those modified Selibur was feasibility tested as learning media of Atomic Structure material and implemented for 22 student of class X.6. This data was obtained from student’s test result and questionnaires after using Selibur traditional games media. The result shows an improvement from 64% in pretest to 91% in posttest and The student’s questionnaires shows that total percentage was 95%. The obtained result shows that the applying of Selibur traditional games media could improve student’s study result. Key Words: Selibur Traditional Games Media, Atomic Structure.
Published
2013-01-31
Section
Articles
Abstract Views: 90
PDF Downloads: 90