PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN CHEM-RUN PADA MATERI POKOK STRUKTUR ATOM UNTUK SMA KELAS X (DEVELOPMENT OF CHEM-RUN GAME MEDIA ON ATOMIC STRUCTURE FOR 10THGRADE OF HIGH SCHOOL)

  • TARISA ADANI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan Chem-Run yang layak sebagai media pembelajaran materi Struktur Atom.Kelayakan permainan ditinjau dari tiga kriteria yaitu (1) kevalidan yang ditentukan dari hasil validasi permainan, (2) kepraktisan yang ditentukan dari angket respon siswa, dan (3) keefektifan yang ditentukan dari hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan yang mengacu pada desain Research and Development (R&D) dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) potensi dan masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi; 5) revisi; dan 6) uji coba terbatas. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar telaah permainan, validasi permainan,  pretest-posttest, observasi aktivitas siswa, dan respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Permainan Chem-Run layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini dilihat dari hasil persentase range kevalidan antara 73,33% - 86,67%. Dikatakan praktis berdasarkan kepraktisan dengan persentase sebesar 94,07%. Dan dinyatakan efektif dilihat dari hasil belajar siswa yang dikatakan tuntas sebesar 100%.

Kata kunci: Permainan Chem-Run, Media Pembelajaran, Struktur Atom.

 

This study aim was to develop  the Chem-Run game which is feasible as a learning media on atomic structure. The feasibility of game evaluated from three criterias, validity, practicality, and effectiveness. This study used Research and Development (R&D) and the steps are: 1) the potentials and problems; 2) data collection; 3) design of the product; 4) product validity; 5) revision of product; 6) try-out of the product. The research instrument used were games examination, game validity, pretest-posttest, observation of student activity, student response sheets. The result of this study showed that the Chem-Run game is feasible as a learning media. This showed from the range of the percentage result for validity are between73,33% - 86,67%, the average of the percentage for practicality is 94,07%, and effectiveness is 100%.

Keywords:Chem-Run game, Learning Media, Atomic Structure.

Published
2016-10-05
Abstract Views: 59
PDF Downloads: 193