PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT PADA MATERI ASAM BASA UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI KELAS XI SMA NEGERI 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG (IMPLEMENTATION OF COOPERATIVE LEARNING MODEL TYPE NHT IN THE ACID BASE TOPIC TO TRAIN COMMUNICATION SKILLS STUDENTS XI GRADE SMAN 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG)

  • WILDHA ASTRID TIANA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa, keterampilan komunikasi siswa, dan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi asam basa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan desain one shoot case study. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 6 SMAN 1 Boyolangu Tulungagung. Instrumen penelitian ini adalah lembar pengamatan keterlaksanaan, lembar pengamatan aktivitas siswa, lembar pengamatan keterampilan komunikasi siswa. Hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran pada setiap fase menunjukkan kategori sangat baik dengan rata-rata 3,75; 3,71; 3,82. Aktivitas siswa selama pembelajaran telah menunjukkan kesesuaian dengan sintaks model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan menunjukkan bahwa siswa telah berlatih keterampilan komunikasi. Kuantitas bertanya siswa secara berturut-turut adalah 40%; 36%; 28% sedangkan kuantitas berpendapat siswa adalah 88%; 92%; 92%. Kualitas berpendapat siswa menunjukkan bahwa mayoritas siswa memperoleh predikat baik secara keseluruhan. Kualitas bertanya siswa menunjukkan mayoritas siswa memperoleh predikat kurang. Hasil belajar siswa menunjukkan ketuntasan  klasikal sebesar 84%. 

Kata kunci: Keterampilan Komunikasi, Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT, Asam Basa.

 The study is aimed to determine the feasibility of learning, students activities, and communication skills, results of learning after applied of cooperative learning model on acid base topic. This research is quantitative descriptive with one shoot case study design. The subject were students of class XI MIA 6 SMAN 1 Boyolangu Tulungagung. The instruments is feasibility observation sheets, observation of student activity sheets, and observation of communication skills sheets. The observation of learning feasibility result every phase excellent category with average 3,75; 3,71; 3,82. Activities of students during study has demonstrated compliance with the syntax cooperative learning model type NHT and showed the students had been practicing communication skills. The quantity of students asked in a row is 40%; 36%; 28% while the quantity of students argued is 88%; 92%; 92%. The quality of the students argues show that majority of students gain well predicate over all. The quality of the students asked show that majority of students gain less predicate. Results of learning show that a student classically considered complete as much as 84 %.

Keywords: Communication Skills, NHT Cooperative Learning, Acid Base.

Published
2016-10-05
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 37