PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN STRATEGI MIND MAPPING PADA MATERI ASAM BASA DI SMAN 1 WARU SIDOARJO (IMPLEMENTATION OF DIRECT INSTRUCTION MODEL LEARNING WITH MIND MAPPING STRATEGY ON ACID BASE IN SMAN 1 WARU SIDOARJO)

  • MOCHAMAD KHAIRUDIN

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa, ketuntasan belajar siswa, serta respon siswa dalam penerapan model pembelajaran langsung dengan strategi mind mapping. Rancangan penelitian yang digunakan adalah “One Group Pre Test Post Test Design”. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI – MIA 7 SMAN I Waru Sidoarjo. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, lembar Pre test dan post test, serta angket respon siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) hasil keterlaksanaan pembelajaran untuk pertemuan 1 hingga 3 berturut-turut adalah sebesar 85,6%; 95,4%; dan 94%. (2) hasil aktivitas siswa yang dominan adalah siswa memperhatikan penjelasan guru, siswa membuat mind mapping, siswa mengerjakan latihan terbimbing, dan siswa mengerjakan latihan lanjutan. (3) ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 94,28%. (4) Siswa memberikan respon positif terhadap model dan strategi pembelajaran yang telah diterapkan.

Kata kunci: Model Pembelajaran Langsung, Mind Mapping, Asam Basa,.

 

The aims of this study are determine feasibility of direct instruction, student activity, student outcomes, and student respons at learning process at acid base use mind mapp. Design of this study is “one group pre test post test design”. Goal of this study is student of XI – MIA 7 SMAN 1 Waru Sidoarjo. The study instrument used is  sheet of syntax feasibility study, sheet of student activity, sheet of pre test and post test, and sheet of studeny respons. The result of this study is (1)the result of syntax feasibility for meet 1 to 3 is 85,6%; 95,4% and 94%. (2)the result of student activity is dominated by student pay attention to the teacher, student create mind mapping, student works on guided exercises, and student works on advance exercises. (3)clasical student outcomes is 94,28%. (4) student give positive respons on learning model and strategy that teacher used.

Key Words: Direct Instruction, Mind Mapping, Acid Base

Published
2016-10-07
Abstract Views: 46
PDF Downloads: 94