PENERAPAN LEMBAR KERJA SISWA BERORIENTASI SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY (SETS) PADA MATERI POKOK KOLOID KELAS XI SMA (IMPLEMENTATION OF WORKSHEET BASED ON SCIENCE, ENVIRONTMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY (SETS) IN COLLOID SUBJECT MATTER XI GRADE OF HIGH SCHOOL)

  • ILHAM LUKMAN SYAIFULLAH

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakter peduli lingkungan siswa pada penerapan LKS berorientasi SETS dalam pembelajaran materi pokok koloid. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian deskriptif kuantitatif dengan rancangan penelitian pra-eksperimental pretest-postest 1 kelompok (one-group pretest-postest design). Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata kelas karakter peduli lingkungan sebesar 2,8 pada pertemuan 1 dan 2,9 pada pertemuan 3. Kedua skor tersebut termasuk dalam kriteria baik, yang berarti bahwa siswa memiliki tingkat kepedulian terhadap laingkungan yang baik. Tujuh aspek yang diamati, yaitu 1) Menggunakan bahan praktik seperlunya mendapatkan skor rata-rata kelas 4; 2) Membersihkan alat praktik yang telah dipakai mendapatkan skor 3,8; 3) Membuang sampah pada tempatnya mendapatkan skor 3; 4) Membersihkan lingkungan kelas mendapatkan skor1; 5) Membersihkan tangan setelah melakukan praktik mendapatkan skor 2,6; 6) Tidak mencorat-coret meja atau dinding mendapatkan skor 4; 7) Memisahkan sampah organik dan sampah an-organik saat membuang sampah mendapatkan skor 1,6.

Kata kunci :Karakter Peduli Lingkungan, LKS, SETS

The purpose of this research is to describe the studentscaring environment character on the implementation of worksheet based on SETS in learning colloidal subject matter. The kind of research used is quantitative descriptive research based on pre-experimental one-group pretest-postest design. The research results show that the class average score for caring environment character of 2.8 at a meeting 1 and 2.9 at a meeting 3. Those score is on good criteria , which means that students have a good concern for environment . Seven aspect observed, such as 1 ) use of practices materials as needed to get class average score of 4; 2 ) cleaning practices instrument that has been used get a score 3.8; 3 ) throw the garbage in place get a score 3; 4 ) cleaning the environment class get 1 score; 5 ) cleaning hand after doing a practices get a score of 2.6; 6 not scribbling the table or wall get a score 4; 7 ) separating organic and anorganic garbage when throw garbage get a score of 1.6.

Key word: the caring environment character, worksheet, SETS

Published
2016-10-07
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 38