DOI:
https://doi.org/10.26740/ujced.v6n3.p%25pAbstract
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menentukan validitas teoritis instrumen penilaian kinerja yaitu kelayakan instrumen penilaian kinerja peserta didik pada materi reaksi eksoterm dan endoterm yang ditinjau dari validitas isi/materi, konstruksi, dan kebahasaan. Tujuan lainnya yaitu menentukan validitas empiris instrumen penilaian kinerja yaitu respon guru dan peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada metode R&D (Research & Development) menurut Sugiyono yang dimulai dari potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, produksi massal. Penelitian ini dibatasi sampai tahap uji coba produk yang dilaksanakan secara terbatas di SMA Negeri I Krembung, Sidoarjo. Hasil validasi oleh dosen dan guru kimia memperoleh persentase kelayakan kriteria isi/materi dalam rentang 84,44-86,67% dengan kriteria kelayakan sangat baik; kelayakan kriteria konstruksi memperoleh persentase dalam rentang 85,55-88,33% dengan kriteria kelayakan sangat baik; dan kelayakan kriteria kebahasaan memperoleh persentase dalam rentang 85,00-86,67% dengan kriteria kelayakan sangat baik. Respon guru memperoleh persentase sebesar 87,50% dengan kriteria sangat baik; dan respon peserta didik memperoleh persentase sebesar 89,29% dengan kriteria sangat baik. Hasil tersebut menunjukkan instrumen penilaian kinerja yang dikembangkan memperoleh hasil layak.
Kata Kunci: penilaian kinerja, keterampilan prose sains, reaksi eksoterm dan endoterm
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
The license terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) requires attribution to the original creator, permits non-commercial use, and does not allow for the application of legal or technological restrictions on others' use.

