PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA PADA MATERI ASAM BASA DI KELAS XI

Authors

  • EVA ROSALINDA

DOI:

https://doi.org/10.26740/ujced.v6n3.p%25p

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran, aktivitas siswa dan meningkatkan keterampilan metakognitif siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif  tipe NHT pada materi asam basa. Subyek penelitian ini adalah 30 siswa kelas XI IPA 4 SMA NU 1 Gresik pada semester 2 tahun ajaran 2016-2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pra-eksperimen. Desain penelitian dalam penelitian ini yaitu “One group pre-test post-test design”. Perangkat pembelajaran yang digunakan yaitu: silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja siswa yang diadaptasi dari Mu’minin dan Azizah (2014) serta lembar soal tes metakognitif. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu: lembar keterlaksanaan pembelajaran, rubrik lembar keterlaksanaan pembelajaran, Lembar aktivitas siswa, Lembar angket inventori metakognitif, rubrik inventori metakognitif, dan kisi-kisi keterampilan metakognitif yang dilatihkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Model pembelajaran kooperatif tipe NHT terlaksana dengan sangat baik dengan persentase ≥ 81%. 2) Aktivitas pada pertemuan 1, 2 dan 3 yang paling dominan adalah siswa melakukan percobaan (monitoring skills) yang memiliki persentase rata-rata sebesar 40%; 26,67% dan 36,67%. 3) Keterampilan metakognitif mengalami peningkatan yang baik ditunjukkan dengan nilai N-gain sebesar 0,49; 0,49; dan 0,51 dengan kategori sedang.

Kata kunci: NHT, Keterlaksanaan, Aktivitas, Keterampilan Metakognitif

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-09-28
Abstract views: 56 , PDF Downloads: 65