Authors

  • DANANG ARMADJATI HERWINATAMA
  • Muchlis . Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/ujced.v6n3.p%25p

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran diskusi dengan menggunakan strategi TPS pada materi pokok larutan elektrolit dan non elektrolit. Penelitian eksperimen semu atau preeksperimen adalah Jenis penelitian ini dengan “one group pretest-posttest design” sebagai rancangan penelitian. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas X IPA 2 SMA Muhammadiyah 4 Surabaya pada semester 2 tahun ajaran 2016-2017 yang berjumlah 28 siswa. Lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran dan tes hasil belajar adalah Instrumen penelitian ini. Hasil yang diperoleh penelitian ini adanya kesinambungan yang cukup efektif antara pembelajaran diskusi dengan strategi TPS. Skor rata-rata keterlaksanaan pada pertemuan pertama adalah 3,47 dan pertemuan kedua adalah 3,40. Nilai yang diperoleh semuanya berada pada kriteria sangat baik. Sebanyak 96% siswa mengalami peningkatan hasil belajar [32% (9 siswa): tinggi dan 64% (18 siswa): sedang]. Model pembelajran diskusi dengan strategi TPS, siswa bisa memaksimalkan kegiatan proses belajar . Ditandai adanya peningkatan hasil belajar pada siswa dengan kategori sedang dan tinggi.

Kata Kunci: model pembelajaran Diskusi, Strategi Think, Pair, Share (TPS), Larutan elektrolit dan non elektrolit

The purpose of this study is to measure the improvement of student learning outcomes through the application of discussion learning model by using TPS strategy on the subject matter of electrolyte and non electrolyte solution. A quasi-experimental or preexperimental study is a type of this research with "one group pretest-posttest design" as a research design. This research was conducted on the students of class X IPA 2 SMA Muhammadiyah 4 Surabaya in the second semester of academic year 2016-2017 which amounted to 28 students. The observation sheet of the learning and learning outcomes is the instrument of this study. The result of this research is a quite effective sustainability between discussion study with TPS strategy. The average score for implementation at the first meeting was 3.47 and the second meeting was 3.40. The value earned is all on very good criteria. As many as 96% of students experienced improved learning outcomes [32% (9 students): high and 64% (18 students): moderate). Discourse discussion model with TPS strategy, students can maximize learning process activities. Marked an increase in learning outcomes in students with medium and high category.

Keywords: Discussion learning model, Think Strategy, Pair, Share (TPS), Electrolyte and non electrolyte solution

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-09-28
Abstract views: 40 , PDF Downloads: 77