PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI REDOKS

  • ACHMAD ILYAS FAJAR RIYADHIN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan LKS untuk mengetahui kemampuan literasi sains ditinjau dari kelayakan teoritis (kriteria isi, kebahasaan, kegrafikan dan penyajian) serta kesesuaian dengan kemampuan literasi sains dan kelayakan empiris (hasil kemampuan literasi sains dan respon siswa).Jenis penelitian ini menggunakan metode pengembangan 4D yang hanya sampai pada tahap pengembangan (Develop).Instrumen yang digunakan yaitu lembar telaah dan validasi, lembar tes kemampuan literasi sains, dan lembar angket respon siswa.LKS ini diujicobakan kepada 15 siswa SMA NU 1 Gresik. Hasil validasi dari LKS ini ditinjau dari kriteria isi mendapatkan persentase 78,51% dengan kategori layak; kriteria kebahasaan mendapatkan persentase sebesar 82,22% dengan kategori sangat layak; kriteria kegrafikan mendapatkan persentase sebesar 82,22% denganĀ  kategori sangat layak; kriteria penyajian mendapatkan persentase sebesar 83,34% dengan kategori sangat layak; dan kriteria beradasarkan kesesuaian kemampuan literasi sainsmendapatkan persentase sebesar 76,82% dengan kategori layak. Kemampuan literasi sains siswa meningkat dari rata-rata hasil tes awalsebesar 42,22 dengan kategori tidak tuntas menjadi 83,56 dengan kategori tuntas.

Kata kunci: LKS, Literasi Sains, Redoks

Published
2018-03-10
Section
Articles
Abstract Views: 38
PDF Downloads: 143