PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAAN MINIBOOK BERBASIS SETS PADA MATERI POKOK HIDROKARBON KELAS XI SMA IT AL USWAH SURABAYA (DEVELOPMENT MINIBOOKS AS LEARNING MEDIA BASED ON SETS IN SUBJECT MATTER OF HYDROCARBONS IN GRADE XI SMAIT AL USWAH SURABAYA)

  • NOVITA ELYA SARI bm

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran minibook berbasis SETS yang ditinjau dari segi kelayakan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan minibook pada materi pokok hidrokarbon. Rancangan penelitian menggunakan Model 4-D (Four-D Models) diadaptasi dari Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu, pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran.  Tetapi dalam pengembangan minibook ini hanya sampai pada tahap pengembangan dan dilakukan uji coba terbatas di SMA IT Al Uswah Surabaya. Hasil analisis data menunjukkan  bahwa media pembelajaran minibook berbasis SETS ini layak digunakan dengan persentase kelayakan kevalidan sebesar 83% dari kelayakan isi, 84% dari komponen penyajian, dan 82% dari komponen kebahasaan. Sedangkan dari segi kepraktisannya, kelayakan minibook mencapai persentase 77%. Kemudian, jika dilihat dari segi keefektifan minibook mendapat nilai sebesar 75%. Berdasarkan hasil uji coba terbatas tersebut, media pembelajaran minibook berbasis SETS layak untuk diterapkan pada pembelajaran kimia.

Kata Kunci: minibook, SETS, hidrokarbon.                                              

This research was conducted to determine the feasibility of learning media minibook based on SETS in terms of feasibility of validity, practicality, and effectiveness of minibook on the subject matter of hydrocarbons. The research uses Four-D Models design adapted from Thiagarajan  consisting of 4 stage of development,  there is pendefinisian , the design of , the development of , and the distribution of . But in the development of minibook it is only until during the preparatory stage of the development and try out limited in SMAIT Al Uswah Surabaya. The result of data analysis shows that the learning media of minibook based on SETS is feasible to be used with percentage of validity of 83% from content feasibility, 84% from component of presentation, and 82% from linguistic component. While in terms of practicality, the feasibility of minibook reached 77% percentage. Then, when viewed from the aspect of the effectiveness of minibooks get a value of 75%. Based on the results of these limited trials, SETS-based minibook learning media is feasible to apply to chemistry learning.

Keywords: minibook, SETS, hydrocarbon.   

Published
2018-03-10
Section
Articles
Abstract Views: 74
PDF Downloads: 130