PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERORIENTASI LITERASI SAINS PADA MATERI IKATAN KIMIA

Authors

  • PUPUT FUZI ADYTIA

DOI:

https://doi.org/10.26740/ujced.v7n3.p%25p

Abstract

Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan LKS berorientasi literasi sains pada materi ikatan kimia. Validitas LKS dinilai baik dari segi isi maupun konstruk. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model 4-D Thiagarajan,dkk.(1974). LKS yang dikembangkan akan diujicobakan kepada 15 siswa di SMAN 1 Gedeg Mojokerto. Hasil penilaian yang diperoleh untuk validitas isi LKS antara 80% sampai 93,33% dengan kategori valid dan sangat valid. Adapun presentasi validitas konstruk yang ditinjau dari penyajian, kebahasaan, dan kegrafikan berada pada kategori valid dan sangat valid dengan besar persentase antara 73% sampai 93,33%. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa LKS berorientasi literasi sains pada materi ikatan kimia valid digunakan sebagai bahan ajar untuk melatihkan literasi sains.

Kata Kunci: LKS, literasi sains, ikatan kimia.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-09-24

Issue

Section

Articles
Abstract views: 253 , PDF Downloads: 617