MELATIHKAN HIGH ORDER THINKING SKILLS PESERTA DIDIK MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

  • DWI WINDA ANDRIANI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang ditinjau dari ranah kognitif menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta melalui implementasi model pembelajaran inkuiri pada materi kesetimbangan kimia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan rancangan penelitian One Shot Case Study dengan subjek penelitian yakni peserta didik kelas XI SMA Negeri 12 Surabaya. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, lembar postest hasil belajar peserta didik ranah pengetahuan, dan lembar postest keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap kategori keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik dalam ranah kognitif C4 (menganalisis), C5 (mengevaluasi), dan C6 (mencipta) telah mencapai ketuntasan yakni ≥72 dari rentang nilai kompetensi 0-100, secara berturut-turut memperoleh nilai 82,29; 76,57; dan 81,41 dengan ketuntasan secara klasikal peserta didik sebesar 85%. Hasil penelitian ini didukung dengan keterlaksanaan guru dalam mengelola pembelajaran sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang telah disusun dengan kriteria sangat baik dan aktivitas peserta didik pada setiap pertemuan telah mencerminkan aktivitas peserta didik yang harus muncul pada setiap fase yang terdapat dalam sintaks pembelajaran inkuiri. Selain itu, hasil belajar ranah pengetahuan pada materi kesetimbangan kimia yang dicapai oleh peserta didik secara klasikal diperoleh persentase sebesar 92,50%.

Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dan Kesetimbangan Kimia

Published
2018-09-24
Section
Articles
Abstract Views: 423
PDF Downloads: 614