MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES. SAINS.,SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERII KESETIMBANGAN KIMIA UNTUK KELAS XI IPA 44DI MAN KOTA MOJOKERTO
DOI:
https://doi.org/10.26740/ujced.v7n3.p%25pAbstract
Tujuann penelitian ini yaituu mendeskripsikan keterlaksanaann sintaks modeli pembelajaran iinkuiri tterbimbing, aktivitas siswa dan keterampilan proses sains siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi kesetimbangan kimia. Metode yang digunakan yaitu One Group Pretest - Posttest Design dengan sampel penelitian 40 siswa kelas XI IPA 4 MAN Kota Mojokerto. Hasil penelitian ditunjukkan sebagai berikut: (1) Persentase rrata-rata keterlaksanaan sintaks mmodel pembelajaran inkuiri terbimbingg padai fase 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 berturut-turut adalah 90,74%; 86,44%; 87,78%; 90,11%; 87,92% dan 85,42% dengan kategori sangat baik karena setiap fase memperoleh persentase ? 61%. (2) Aktivitas siswa yang relevan lebih dominan daripada aktivitas siswa yang tidak relevan, sehingga model pembelajaran inkuiri terbimbing telah melatihkan keterampilan proses sains siswa (3) Keterampilan proses sains siswa meningkat dari 23,68% menjadi 100% siswa tuntas dengan skor rata-rata dalam merumuskan masalah, mengajukan hipotesis, menganalisis data, dan membuat kesimpulam berturt-turut adalah 3,79 (predikat A); 3,87 (predikat A); 3,63 (predikat A-) dan 3,39 (predikat A-).
Kata kunci : Inkuiri Terbimbing,anKeterampilan Proses Sains, dan Kesetimbangan Kimia.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
The license terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) requires attribution to the original creator, permits non-commercial use, and does not allow for the application of legal or technological restrictions on others' use.

