MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES. SAINS.,SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERII KESETIMBANGAN KIMIA UNTUK KELAS XI IPA 44DI MAN KOTA MOJOKERTO

  • CHESILIA MARETHA SAPUTRI
  • HARUN NASRUDDIN

Abstract

Tujuann penelitian ini yaituu mendeskripsikan keterlaksanaann sintaks modeli pembelajaran iinkuiri tterbimbing, aktivitas siswa dan keterampilan proses sains siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi kesetimbangan kimia. Metode yang digunakan yaitu One Group Pretest - Posttest Design dengan sampel penelitian 40 siswa kelas XI IPA 4 MAN Kota Mojokerto. Hasil penelitian ditunjukkan sebagai berikut: (1) Persentase rrata-rata keterlaksanaan sintaks mmodel pembelajaran inkuiri terbimbingg padai fase 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 berturut-turut adalah 90,74%; 86,44%; 87,78%; 90,11%; 87,92% dan 85,42% dengan kategori sangat baik karena setiap fase memperoleh persentase ≥ 61%. (2) Aktivitas siswa yang relevan lebih dominan daripada aktivitas siswa yang tidak relevan, sehingga model pembelajaran inkuiri terbimbing telah melatihkan keterampilan proses sains siswa (3) Keterampilan proses sains siswa meningkat dari 23,68% menjadi 100% siswa tuntas dengan skor rata-rata dalam merumuskan masalah, mengajukan hipotesis, menganalisis data, dan membuat kesimpulam berturt-turut adalah 3,79 (predikat A); 3,87 (predikat A); 3,63 (predikat A-) dan 3,39 (predikat A-).

Kata kunci : Inkuiri Terbimbing,anKeterampilan Proses Sains, dan Kesetimbangan Kimia.

Published
2018-09-24
Section
Articles
Abstract Views: 83
PDF Downloads: 75