PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERORIENTASI LITERASI SAINS PADA MATERI PEMBELAJARAN TERMOKIMIA KELAS XI SMA
Abstract
Penelitian yang dilakukan ini memiliki tujuan untuk mengembangkan kelayakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berorientasi literasi sains pada materi pembelajaran termokimia ditinjau dari aspek kevalidan. Aspek kevalidan ini dapat dilihat dari komponen validitas isi dan validitas konstruk yang terdiri dari kesesuaian tampilan, penyajian, dan kebahasaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan modifikasi Sukmadinata. Sasaran penelitian ini adalah 15 siswa SMAN 1 Krembung Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan instrumen lembar validasi LKS untuk mengetahui hasil validitas terhadap LKS yang dikembangkan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kelayakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang dikembangkan pada materi pembelajaran termokimia ditinjau dari aspek kevalidan yang meliputi validitas isi sebesar 91,67% dengan kategori sangat valid dan validitas konstruk yang meliputi kesesuaian tampilan sebesar 93,34% dengan kategori sangat valid, penyajian sebesar 90% dengan kategori sangat valid, dan kebahasaan sebesar 91,42% dengan kategori sangat valid.
Kata kunci: Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Literasi sains, Termokimia
PDF Downloads: 469