PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI ASAM BASA DI SMA NEGERI 3 KOTA MOJOKERTO

  • AINI NUR NAHDIYAH
  • UTIYA AZIZAH

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, dan keterampilan berpikir kritis siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi asam basa. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design dengan rancangan one group pretest-posstest design. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 5 SMA Negeri 3 Kota Mojokerto dengan jumlah 30 siswa. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan lembar tes keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persentase rata-rata keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together pada fase 1 sebesar 88,89%; fase 2 sebesar 88,89%; fase 3 yang berisi tahapan 1 Numbered Heads Together sebesar 80,55%; fase 4 yang berisi tahapan 2 dan tahapan 3 Numbered Heads Together sebesar 88,89%; fase 5 yang berisi tahapan 4 Numbered Hads Togeteher sebesar 83,33%; dan fase 6 sebesar 88,89%,(2) keterampilan berpikir kritis siswa berhasil dilatihkan ditinjau dari perolehan N-gain dengan kategori tinggi sebesar 77% dan 23% dengan kategori sedang.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together, Keterampilan Berpikir Kritis, Asam Basa

Absract

This study aims to determine the implementation of learning and students’critical thinking skills after the implementation of cooperative learning modal NHT on matter of acid base. This research type is pre-experimental design with one group pretest-posstest design. Target of this research is student of class XI MIA 5 SMA Negeri 3 Kota Mojokerto with the number 30 student. The instruments used are an observation sheet of cooperative learning model type NHT and, critical thinking skill test sheet. The result showed that (1) the average percentage of the implementation of cooperative learning model type NHT in phase 1 was 88,89%; phase 2 was 88,99%; phase 3 which contains stage 1 Numbered Heads Together was 80,55%, phase 4 which contains stage 2 dan stage 3 Numbered Hads Togeteher was 88,89%, phase 5 which contains stage 4 Numbered Heads Together was 83,33%; and phase 6 was 88,89% (2) Critical thinking skills of students successfully trained that can be seen from N-gain which reach 77% of high category and 23% of medium category.

Keywords: Cooperative Learning Model Type Numbered Heads Together, Critical Thinking Skill, Acid Base








Published
2018-09-24
Section
Articles
Abstract Views: 213
PDF Downloads: 218