Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Asam Basa dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di SMAN 1 Gedeg Mojokerto

  • FEBI RAMADAN SUCI
  • HARUN NASRUDDIN

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah penerapan model pembelajaran PBL pada materi asam basa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental design dengan rancangan one group pretest-posttest. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Gedeg Mojokerto dengan jumlah 32 peserta didik. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran PBL dan lembar soal tes keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Persentase keterlaksanaan untuk pertemuan 1, 2, dan 3 yaitu sebesar 92,86%; 88,10 %; 97,62% dengan kriteria sangat baik. (2) Persentase masing-masing komponen keterampilan berpikir kritis interpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi dengan skor n-gain kriteria tinggi yaitu sebesar 46,88%; 78,13%; 50%; 96,88% dan kriteria sedang yaitu sebesar 53,11%; 21,88%; 50% ; 3,13%.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Keterampilan Berpikir Kritis, Asam Basa

Abstract

The aim of this research is to determine implementation of learning and critical thinking skills students after the application of PBL model on acid base materials. This type of research is a pre-experimental design with one group pretest-posttest design. The subject of this research was XI in SMA Negeri 1 Gedeg Mojokerto with the number 32 student. The instruments that used in this study were observation sheet of PBL model feasibility and sheet of critical thinking skilltest. The results showed that: (1) Percentage implementation for meeting 1, 2, and 3 is 92,86%; 88,10%; 97,62% with very good criteria. (2) Percentage component critical thinking interpretation, analysis, evaluation, and inference with n-gain score high criteria is 46,88%; 78.13; 50%; 96,88% and medium criteria is 53,11%; 21.88%; 50%; 3,13%.

Keyword: Problem Based Learning Model, Critical Thinking Skills, Acid Base






Published
2018-09-24
Section
Articles
Abstract Views: 350
PDF Downloads: 366