PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) PESERTA DIDIK PADA MATERI ASAM BASA DI SMA NEGERI 2 JOMBANG

  • WAHYU EKA SAFITRI
  • UTIYA AZIZAH

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripikan keterlaksanaan dan keterampilan proses sains peserta didik setelah dilaksanakan pembelajaran inkuiri terbimbing untuk melatihkan keterampilan proses sains pada materi asam basa. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Jombang. Penelitian ini menggunakan desain one group pretest-postest. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini meliputi lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan lembar pretest serta posttest keterampilan proses sains. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa (1) Persentase keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada fase 1 sampai 5 berturut-turut sebesar 72,22%; 91,67%; 100%; 100%; 75% dengan kategori baik dan sangat baik. (2) Keterampilan proses sains berhasil dilatihkan dengan perolehan rata-rata nilai peserta didik selama 3 pertemuan sebesar 86,94; 91,94; 95,69 dan rata-rata N-gain selama 3 pertemuan sebesar 0,71; 0,84; dan 0,91 dengan kategori tuntas secara klasikal.

Kata kunci: Inkuiri terbimbing, Keterampilan proses sains, Asam basa.

Abstract

The aim of this research is to describe the feasibility and science process skills of students after guided inquiry learning is done to trace the science process skill on acid-base material. Subjects used in this research were students of class XI IPA 2 SMA Negeri 2 Jombang. This research uses one group pretest-postest design. The instruments used in this research include the observation sheet of the feasibility of the guided inquiry learning model and the pretest and posttest sheets of science process skills. The result of the research shows that (1) Percentage of feasibility of guided inquiry learning model in phases 1 to 5 respectively 72.22%; 91.67%; 100%; 100%; 75% with good and very well category. (2) Science process skills was successfully to trained with the average students values ​​for 3 meetings of 86.94; 91.94; 95.69, and the average N-gain for 3 meetings of 0.71; 0.84; and 0.91 with classical thorough categories.

Keywords: Guided inquiry, Science process skills, Acid-base.

Published
2018-09-24
Section
Articles
Abstract Views: 103
PDF Downloads: 94