Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bangsal Mojokerto Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia

  • PRAFESELIA CITRA ASHUDIK
  • BERTHA YONATA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berorientasi literasi sains pada materi larutan penyangga. Metode penelitian ini menggunakan metode 4-D (Define, Design, Develop, Diseminate), namun pada penelitian ini sampai tahap pengembangan (Develop). Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dikatakan valid, ditinjau dari validitas isi dan konstruk. Validitas isi memperoleh rentang persentase sebesar 80% hingga 100%, dengan interpretasi valid hingga sangat valid. Validias konstruk memperoleh rentang persentase sebesar 80% hingga 100% dengan interpretasi valid hingga sangat valid, serta validitas konstruk terdiri dari aspek kebahasaan, penyajian, dan kegrafisan. Aspek kebahasaan memperoleh rentang persentase sebesar 80% hingga 93,33% dengan interpretasi valid hingga sangat valid. Aspek penyajian memperoleh rentang persentase 93,33% hingga 100% dengan interpretasi sangat valid. Aspek kegrafisan memperoleh rentang persentase 93,33% hingga 100% dengan interpretasi sangat valid.

Kata kunci: Lembar Kegiatan Siswa (LKS), literasi sains, larutan penyangga



Published
2018-09-24
Section
Articles
Abstract Views: 179
PDF Downloads: 186