EFEKTIVITAS KOMUNIKASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATERI IKATAN KIMIA KELAS X SMA

  • AFFAN HAFIDZ
  • SUKARMIN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksaan pembelajaran, keterampilan komunikasi siswa dan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada materi ikatan kimia. penelitian ini menggunakan jenis Pra Eksperimen (Pre Experimental Design) dan menggunakan rancangan penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Sasaran penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri Jogoroto Jombang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT, lembar observasi komunikasi yang berupa keterampilan bertanya dan berpendapat, serta soal pretest dan postest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Rata-rata keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT setiap fasenya memperoleh kriteria sangat baik; (2) nilai rata-rata keterampilan komunikasi dengan indikator bertanya dan berpendapat memperoleh persentase secara berturut-turut sebesar 84,99% dan 79,99% dengan kriteria baik. (3) ketuntasan hasil belajar siswa dengan perolehan nilai >75 sebanyak 100%.

Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe TGT, keterampilan komunikasi, hasil belajar, ikatan kimia.

Published
2018-09-24
Section
Articles
Abstract Views: 6
PDF Downloads: 49