Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Berbasis SAVI untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMAN Jogoroto Jombang

  • MOHAMMAD FAHMI RAZAQ
  • MUCHLIS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan, aktivitas, dan peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbasis SAVI pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMAN Jogoroto Jombang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen. Penelitian ini menggunakan “one group pre test – post test design”. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN Jogoroto Jombang pada semester ganjil tahun ajaran 2017-2018 yang berjumlahkan 33 siswa. Instrumen yang digunakan dalamn penelitian ini adalah lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, lembar lembar pengamatan aktivitas siswa, dan lembar tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat relasi yang baik antara pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan pendekatan SAVI yang ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar siswa yang diubah ke dalam N-gain dengan 27% siswa mendapatkan kategori sedang dan 67% siswa mengalami peningkatan hasil belajar kategori tinggi. Semua gaya belajar siswa yang dimiliki oleh siswa dapat terfasilitasi dengan baik pada model pembelajaran ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbasis SAVI terlaksana dengan sangat baik dengan nilai rata-rata 3,63 pada pertemuan pertama dan 3,72 pada pertemuan ke dua. 2) Aktivitas SAVI siswa mendapatkan nilai yang lebih besar pada gayabelajar dominan siswa . 3) peningkatan hasil belajar didapatkan hasil dari 33 siswa terdapat 67% yang memiliki nilai g > 7 dengan kategori tinggi, 27% memiliki 0,3 < g <0,7 dengan kategori sedang, dan 6% memiliki g < 0,3 dengan kategori rendah.

Kata Kunci : kooperatif, TAI, SAVI



Published
2018-09-24
Section
Articles
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 72