Melatihkan Multiple Intelligences Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Laju Reaksi di SMAN 1 Krian Sidoarjo

  • MUHAMMAD ANDI TANRI PRASETYO
  • DIAN NOVITA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan multiple intelligences (kecerdasan interpersonal dan logis-matematis) siswa yang dilatihkan melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi laju reaksi di SMAN 1 Krian Sidoarjo. Data yang diperoleh adalah keterlaksanaan pembelajaran beserta aktivitas siswa secara klasikal, respon siswa, dan hasil belajar multiple intelligences pada kecerdasan interpersonal dan logis-matematis. Rancangan penelitian yang digunakan adalah one group pre-test and post-test design . Hasil penelitian keseluruhan dari data didapatkan berupa rata-rata skor keterlaksanaan pembelajaran, rata-rata persentase frekuensi aktivitas siswa secara klasikal, rata-rata persentase respon siswa, dan rata-rata skor hasil belajar multiple intelligences siswa pada kecerdasan interpersonal dan logis-matematis. (1) Hasil dari skor keterlaksanaan diperoleh rata-rata skor pada pertemuan 1,2, dan 3 berturut-turut yaitu 80,3 (baik), 83,9 (baik sekali), dan 89,3 (baik sekali). Penilaian oleh dua pengamat terhadap keterlaksanaan pembelajaran adalah 75 untuk skor terendah. Hasil tersebut didukung oleh aktivitas siswa secara klasikal yang menunjukkan rata-rata persentase pada frekuensi aktivitas siswa yang relevan lebih besar daripada yang tidak relevan. (2) Hasil rata-rata persentase respon siswa keseluruhan adalah 97,1% (sangat memuaskan) pada pernyataan positif dan 72,1% (memuaskan) pada pernyataan negatif. (3) Hasil belajar multiple intelligences siswa pada kecerdasan interpersonal didapatkan rata-rata skor 72 (baik) dari angket antar teman dan 70 (baik) dari hasil observasi. Hasil belajar multiple intelligences pada kecerdasan logis-matematis didapatkan rata-rata skor 78 termasuk kategori tuntas karena melebihi batas KKM yaitu 75 dengan rata-rata gain skor logis-matematis 0,70 (sedang).

Kata Kunci: Inkuiri terbimbing, Hasil belajar multiple intelligences, Laju reaksi
Published
2018-09-24
Section
Articles
Abstract Views: 84
PDF Downloads: 76