Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Strategi Mind Mapping pada Materi Ikatan Kimia

  • SYAHRUL NOFANDI SUGIARTO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik (LKPD) dengan strategi mind mapping pada materi ikatan kimia yang ditinjau dari validitas isi dan konstruk melalui hasil validasi oleh para ahli. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian pengembangan model 4-D dengan empat tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate), yang dibatasi hanya sampai pada tahap pengembangan (develop). Hasil penelitian menunjukkan LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid yang ditinjau dari validitas isi memperoleh persentase sebesar 90,67% serta validitas konstruk memperoleh persentase sebesar 90,83%. Pada validitas isi terdapat tiga aspek yang dinilai, masing-masing aspek memperoleh persentase 86,67% pada aspek komponen LKPD, 93,33% pada aspek materi LKPD, dan 92% pada aspek kesesuaian LKPD dengan aturan mind mapping. Sedangkan pada validitas konstruk terdapat empat aspek yang dinilai dengan persentase yang diperoleh yaitu 86,67% pada aspek penyajian LKPD, 93,33% pada aspek fisik LKPD, 90% pada aspek ilustrasi LKPD, dan 93,33% pada aspek kebahasaan LKPD. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik dengan strategi mind mapping dapat dinyatakan valid.

Kata kunci: LKPD, mind mapping, validitas

 

Abstract

This study aims to produce student worksheets with mind mapping strategies on chemical bonding material that are reviewed from the content validity and construct through the results of validation by experts. This type of research is a 4-D model development research with four stages, namely, define, design, develop and disseminate, which is confined only to develop stage. The results showed that the student worksheets developed valid in terms of content validity obtained a percentage of 90.67% and construct validity obtained a percentage of 90.83%. In the content validity, three aspects were assessed, each aspect obtained a percentage of 86.67% in the aspects of the student worksheets component, 93.33% in the material aspects of the student worksheets, and 92% in the suitability aspects of the student worksheets with mind mapping rules. Whereas in construct validity there are four aspects that are assessed with the percentage obtained which is 86.67% on the aspects of student worksheets presentation, 93.33% on the physical aspects of student worksheets, 90% on the illustration aspects of student worksheets, and 93.33% on linguistic aspects of student worksheets. Thus the results of this study indicate that Student Worksheets with mind mapping strategies can be declared valid.

Keywords: Student worksheet, mind mapping, validity

Published
2019-02-22
Section
Articles
Abstract Views: 174
PDF Downloads: 347