KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK KANCING GEMERINCING PADA KELAS XI SMA NEGERI 1 BANGSAL MOJOKERTO MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

  • AINA SAFITRI
  • BERTHA YONATA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan rancangan one shoot case study. Subjek penelitian adalah kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Bangsal Mojokerto. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan keterlaksanaan, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, lembar pengamatan keterampilan komunikasi, dan soal tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing masuk dalam kategori baik dalam 3 kali pertemuan 85,4%, 87,5%, dan 93,7%. (2) Kuantitas bertanya peserta didik masih buruk pada pertemuan pertama dimana persentase jumlah peserta didik yang bertanya sebesar 41,9%, sedangkan pada pertemuan kedua dan ketiga dilatihkan dengan baik dengan 87% dan 90,3%. Kuantitas berpendapat peserta didik pada pertemuan pertama hingga pertemuan ketiga dilatihkan dengan baik dengan persentase jumlah peserta didik yang berpendapat sebesar 70,9%, 90,3%, dan 90,3%. (3) Hasil belajar peserta didik pada pertemuan pertama belum tuntas, sedangkan pada pertemuan kedua dan ketiga hasil belajar peserta didik dikatakan tuntas dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 58%, 87%, dan 93,5%.

Kata kunci: Keterampilan komunikasi, kooperatif teknik kancing gemerincing, kesetimbangan kimia

Published
2019-02-22
Section
Articles
Abstract Views: 116
PDF Downloads: 106