Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dengan Strategi Mind Mapping Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Materi Koloid

  • ANADHOFA AINURROHMAH
  • MITARLIS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan lembar kerja peserta didik (LKPD) dengan strategi mind mapping untuk meningkatkan berpikir kreatif peserta didik pada materi koloid. Kelayakan ditinjau dari validitas isi dan konstruk melalui hasil validasi oleh para ahli, kepraktisan melalui pengamatan aktivitas peserta didik dan respon peserta didik terhadap LKPD serta keefektifan melalui tes peningkatan bepikir kreatif peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model 4-D dengan tahapannya yaitu, pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate), yang dibatasi hanya sampai pada tahap pengembangan (develop). Uji coba terbatas dilakukan terhadap 15 peserta didik kelas XI SMA Negeri 7 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan LKS yang dikembangkan valid ditinjau dari validitas isi memperoleh persentase sebesar 89,44% serta validitas konstruk memperoleh persentase sebesar 88,11%. Praktis ditinjau dari respon siswa terhadap masing-masing kriteria yaitu kriteria isi sebesar 88,89%, kriteria bahasa 80%, kriteria sajian 91,43%, kriteria mind mapping sebesar 95% yang didukung hasil observasi aktivitas selama tahap uji coba LKPD dengan persentase sebesar 97,04%. Keefektifan yang ditinjau dari peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik melalui skor N-gain 46,67% mengalami peningkatan dengan kriteria sedang dan 53,33% dengan kriteria tinggi.

Kata kunci: LKPD, mind mapping, keterampilan berpikir kreatif, kelayakan
Published
2019-02-22
Section
Articles
Abstract Views: 7
PDF Downloads: 207