PENGEMBANGAN SOFTWARE ANTI MISCHEM (SAM) UNTUK MENDETEKSI DAN MEREDUKSI MISKONSEPI SISWA DENGAN STRATEGI CONCEPTUAL CHANGE TEXT PADA MATERI STRUKTUR ATOM KELAS X

  • DISCA DEVYA DAMAYANTI
  • SUKARMIN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Software Anti Mischem (SAM) yang layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk mereduksi miskonsepsi siswa pada materi struktur atom melalui strategi conceptual change text. Kelayakan software yang dikembangkan ditinjau dari tiga aspek yaitu (1) validitas isi dan validitas konstruk oleh validator, (2) kepraktisan yang ditentukan berdasarkan hasil respon siswa dan aktivitas siswa, (3) keefektifan yang ditentukan berdasarkan pergeseran miskonsepsi siswa menjadi tahu konsep. Penelitian pengembangan software ini menggunakan metode Research and Development (R&D), dengan subyek penelitian 15 siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Kebomas. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa SAM layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk mereduksi miskonsepsi siswa pada materi structure atom melalui strategi conceptual change text. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan hasil yang diperoleh dari tiga aspek kelayakan yaitu (1) persentase rata-rata validitas isi sebesar 87% dengan kriteria sangat valid dan validitas konstruk sebesar 89% dengan kriteria sangat valid, (2) persentase rata-rata respon siswa sebesar 90,57% dengan kriteria sangat praktis dan aktivitas siswa sebesar 88,57% dengan kriteria sangat praktis, (3) persentase pergeseran miskonsepsi siswa menjadi tahu konsep sebesar 82,64% dengan kriteria sangat efektif

Published
2019-02-22
Section
Articles
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 78