MELATIH KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT

  • NANIK PRATIWI
  • HARUN NASRUDDIN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan dan keterampilan komunikasi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe NHT Berbasis Pendekatan Saintifik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan rancangan One-Group Pre-test dan Post-test design. Subjek penelitian adalah kelas X MIA 2 SMA Negeri 3 Kota Mojokerto. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan keterlaksanaan, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, lembar pengamatan keterampilan komunikasi, dan soal tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterlaksannan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbasis pendekatan saintifik masuk dalam kategori baik dalam 3 kali pertemuan 89,58%, 87,5%, dan 95,83%. (2) Keterampilan komunikasi peserta didik yang meliputi kuantitas dan kualitas berpendapat serta bertanya mengalami peningkatan 3 kali pertemuan. Peningkatan kuantitas berpendapat sebesar 58,33%, 72,22%, dan 77,78%. Peningkatan kuantitas bertanya sebesar 36,11%, 38,89%, dan 47,22%. Kualitas berpendapat peserta didik yang berada pada predikat baik pada 3 kali pertemuan yaitu 47,22%, 61,11%, dan 75%. Kualitas bertanya pada predikat baik pada 3 kali pertemuan yaitu 19,44%, 22,22%, dan 27,78%.

Kata Kunci : Keterampilan komunikasi, Kooperatif Tipe NHT, Pendekatan Saintifik, Elektrolit dan Non elektrolit





Published
2019-02-22
Section
Articles
Abstract Views: 237
PDF Downloads: 100