PEMANFAATAN PERMAINAN BANDARAN CHEM SEBAGAI SARANA BERLATIH MEMBANGUN KARAKTER PADA MATERI POKOK ATOM, ION, DAN MOLEKUL (THE UTILIZATION OF BANDARAN CHEM’S GAME AS MEDIUM OF EXERCISE BUILDS CHARACTER ON SUBJECT MATERIAL ATOM, ION, AND MOLECULE)

  • Rina Dina Karomah Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
  • Achmad Lutfi . Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Permainan tradisional seperti lempar kelereng, Gobak Sodor, dan Engkle merupakan salah satu contoh dari hasil budaya asli Indonesia. Dahulu permainan-permainan tersebut sangat digemari dan sering dimainkan oleh anak-anak, baik laki-laki maupun perempuan yang tinggal di pedesaan. Sekarang permainan tradisional tersebut sudah jarang dimainkan oleh anak-anak, bahkan ada yang tidak mengenalnya karena mulai tergeser oleh adanya permainan-permainan modern yang lebih canggih dan mutakhir. Bandaran Chem merupakan permainan tradisional yang telah dimodifikasi dan  layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk materi Atom, Ion, dan Molekul. Penelitian ini bertujuan untuk membangun karakter yang dapat dilatihkan melalui media permainan Bandaran Chem. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif dalam pengambilan data. Penelitian ini melibatkan 4 orang pengamat dan dua belas siswa kelas VIII. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi keterlaksanaan karakter dan angket respon siswa. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa keterlaksanaan karakter mendapat persentase sebesar 92,50% dan mendapat respon kuat dari siswa sebesar 89,58% sehingga permainan Bandaran Chem sangat bermanfaat sebagai sarana melatih karakter siswa.

Kata Kunci: permainan tradisional, Bandaran Chem, karakter

Traditional games like shoot marbles, Gobak Sodor, and Engkle is one of examples the result of the original culture of Indonesia. Previously the games is very popular and is often played by children, both boys and girls living in rural areas.  Now the traditional game  is rarely played by children, and some even do not know because it is becoming displaced by the modern games are more sophisticated and advanced. Bandaran Chem is a traditional game that has been modified and be used as a medium of  learning Atoms, Ions, and Molecules. This study aims to build character that can be trained through the Bandaran Chem game. This research is a descriptive study using qualitative methods in data collection. The study involved four observers and twelve students from VIII class. The instruments used are observation of carried out of character sheets  and questionnaires students response sheet. The result showed that carried out of character get a percentage of 92,50%  and got a strong response from students at 89,58%, so the Bandaran Chem game very useful as a means to train the character of students.

Keywords: Traditional games, Bandaran Chem, Character

Published
2013-05-30
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 58