KEAKTIFAN BERPENDAPAT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISKUSI STRATEGI BEACH BALL PADA MATERI POKOK MINYAK BUMI DAN GAS ALAM (ARGUE ACTIVENESS IN MODEL LEARNING OF DISCUSSION WITH BEACH BALL STRATEGIES ON THE MATTER PETROLEUM AND NATURAL GAS)

  • CHORRY Marchanisyah MARCHANISYAH Jurusan Kimia FMIPA UNESA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat keaktifan berpendapat siswa terhadap model pembelajaran diskusi dengan strategi beach ball. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan sasaran penelitiannya adalah siswa kelas X-3 SMA Negeri 22 Surabaya. Penelitian berlangsung selama tiga kali pertemuan. Metode analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan berpendapat siswa dalam diskusi kelompok maupun diskusi kelas menunjukkan kategori baik dengan skor rerata dari diskusi kelompok pada putaran I-III berturut-turut yaitu 2,67 (baik); 3,19 (baik); 3,43 (baik) sedangkan pada diskusi kelas berturut-turut pada putaran I-III sebesar 2,56 (baik); 3,05 (baik); 3,19 (baik).

Kata kunci: Pembelajaran diskusi, strategi beach ball, Minyak Bumi dan Gas Alam

This study aims to describe the level of activity argues in model learning of discussion with beach ball strategy. The research was conducted by using PTK (Classroom Action Research) with the goal of his research is the class X-3 SMAN 22 Surabaya. The study lasted for three meetings. Data analysis methods used were descriptive statistics. The results showed that the activity found students in group discussions and class discussions showed good category with a score average of the discussion groups I-III-round in a row is 2.67 (good); 3.19 (good), 3.43 (good ) while in class discussions consecutive rounds I-III of 2.56 (good); 3.05 (good); 3.19 (good).

Keyword: Discussion learning, beach ball strategy, petroleum and Natural gas

Published
2012-09-01
Section
Articles
Abstract Views: 119
PDF Downloads: 113