HUBUNGAN KETERAMPILAN METACOMPREHENSION DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KONSEP MOL DI KELAS X-2 SMAN 11 SURABAYA (RELATIONSHIP METACOMPREHENSION SKILL AND STUDENTS LEARNING OUTCOMES ON CONCEPT MOLE AT THE CLASS X-2 SMAN 11 SURABAYA)

  • Siti Sholichah . Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
  • Bambang Sugiarto . Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara hasil belajar siswa dengan keterampilan metacomprehension kategori keyakinan diri, membandingkan konsep, dan menentukan skor melalui (Lembar Penilaian Pemahaman Diri) LPPD. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan wawancara nonformal yang hasilnya dianalisis menggunakan korelasi statistik dan deskriptif. Keterampilan metacomprehension siswa meliputi keyakinan diri, membandingkan konsep dan menilai sendiri kemampuannya baik secara individu maupun kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa korelasi keterampilan metacomprehension kategori keyakinan dengan hasil belajar siswa dalam LPPD I, II, dan III adalah 0,865 ; 0,839; dan 0,908. Korelasi kemampuan metacomprehension kategori membandingkan konsep dalam LPPD I, II, dan III adalah 0,737; 0,766; dan 0,744. Hubungan kemampuan menilai sendiri kemampuannya dan memberi skor secara individu maupun kelompok diperoleh hubungan positif namun dipengaruhi kondisi kelas dan perilaku guru.

Kata kunci: korelasi, metacomprehension, hasil belajar siswa.

The purpose of this study is to know relationship student learning outcomes with the ability metacomprehension skills categories beliefs, compare concept, and assess their own score ability from (understanding of self-assessment sheet) LPPD. Methods of data collection in this study using methods test and interview non-formal results were analyzed using statistics correlations and descriptive. Metacomprehension skills students include self-confidence, comparing the concepts and assess their own abilities, both individually and collectively. The results showed that the correlation metacomprehension skill categories beliefs with student learning outcomes in LPPD I, II, and III are 0.865; 0.839, and 0.908. Correlation metacomprehension ability to compare concepts in LPPD categories I, II, and III are 0,737; 0.766, and 0.744. Relationships the ability to assess their own ability to provide individual and group scores obtained positive correlation but influenced classroom conditions and teacher behavior.

Keywords: correlation, metacomprehension, student learning outcomes.

Published
2012-05-30
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 99