KETUNTASAN BELAJAR SISWA DALAM BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI POKOK LARUTAN ASAM BASA KELAS XI SMA NEGERI 1 GEDANGAN SIDOARJO DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI (THE MASTERY OF STUDENT LEARNING IN HIGHER ORDER THINKING SKILL ON MAIN SUBJ

  • Khofifatin . . Pendidikan Kimia Fakultas MIPA UNESA
  • Bertha Yonata .

Abstract

Penelitian tentang model pembelajaran inkuiri ini bertujuan untuk mendeskripsikan ketuntasan belajar siswa dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill) pada pembelajaran kimia dengan  materi pokok larutan asam basa. Keberhasilan pembelajaran ini dinilai dari keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa berdasarkan hasil belajar siswa yang terdiri dari tes keterampilan proses dan tes produk. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo pada tanggal 12 Januari sampai 22 Januari dengan populasi seluruh siswa kelas XI dan sampel kelas XI IPA 4 yang dipilih secara random. Penelitian ini menggunakan rancangan “One Shot Case Study”. Pada penelitian ini instrument yang digunakan adalah : 1) lembar tes hasil belajar yang berupa tes keterampilan proses dan produk yang berada pada ranah kognitif C4 (analisis), C5 (evaluasi), dan C6 (kreasi) untuk mengetahui keterampilan berpikir tingkat tinggi; 2) lembar pengamatan keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri dan lembar pengamatan aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan tes hasil belajar produk secara individu dicapai oleh 31 siswa dan secara klasikal mencapai 83,78%, yang telah memenuhi kriteria penilaian minimal (KKM) SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo yaitu (≥76%).  Pada setiap pertemuan semakin banyak siswa yang mendapatkan kategori sangat baik dalam keterampilan proses. Keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa rata-rata memperoleh  penilaian baik pada penerapan model pembelajaran inkuiri.

Kata-Kata Kunci: model pembelajaran inkuiri, keterampilan berpikir tingkat tinggi, larutan asam basa.

This inquiry learning model study aims to describe mastery of student learning in higher order thinking skill student through inquiry learning model to chemistry learning mastery on main subject of acid alkaline solution. . This study assessed the success of  Higher Order Thinking Skill  of student according to student learning outcomes test which consist of process skill test and product test The study is held in SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo from January 12th to January 22th, 2013, with the entire students of XI graders and randomly selected samples of XI IPA 4 students. The design of this research is “One Shot Case Study”. The research instrument are 1) student learning outcomes sheet consist of process skill test and product which are cognitive level C4 (analyze), C5 (evaluate), and C6 (creat) to know higher order thinking skill; 2) veasibility observation sheet of inquiry learning model and student activity observation sheet. This research result after inquiry learning show that mastery of student learning outcomes (product)  the individual achievement has been reached by 31 students and classical achievement has reached 83,78% over the criteria of minimum achievement or KKM SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo (≥76%).  For each meeting more and more students are getting category very good for process skill. Higher Order Thinking Skill of student average got good achievement in implementation inquiry learning model.

Keywords : inquiry learning model, higher order thinking skill, acid alkaline solution


Published
2013-05-30
Abstract Views: 65
PDF Downloads: 89