PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA IPA INTRA DISIPLINER KIMIA TIPE CONNECTED MATERI ZAT ADITIF UNTUK MELATIH BERPIKIR KRITIS (THE DEVELOPMENT OF STUDENT WORKSHEET ON CHEMISTRY SCIENCE USING CONNECTED PATTERN IN FOOD ADDITIVE MATTER TO PRACTICE CRITICAL T

  • Munifatun Muthoharoh . Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
  • Ismono . .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) IPA Intra Disipliner Kimia Tipe Connected Materi Zat Aditif Untuk Melatih Berpikir Kritis yang ditinjau dari kriteria isi, penyajian, kesesuaian dengan IPA intra disipliner kimia tipe connected, kesesuaian dengan komponen keterampilan berpikir kritis dan respon siswa terhadap LKS yang dikembangkan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar telaah, lembar validasi, lembar tes keterampilan berpikir kritis dan angket respon siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan metode tes. Berdasarkan hasil penilaian validator dan hasil uji coba terbatas, LKS yang dikembangkan mendapat persentase sebagai berikut : kriteria kelayakan isi dengan persentase 86%, kriteria penyajian sebesar 81,67%, kriteria kesesuaian dengan IPA intra disipliner kimia tipe connected dengan persentase sebesar 90%, kriteria kesesuaian dengan komponen keterampilan berpikir kritis 77,78% yang didukung oleh nilai rata-rata tes keterampilan berpikir kritis dimana terdapat 80% siswa tuntas pada saat postes dan hasil respon siswa terhadap LKS memperoleh persentase 95%. Berdasarkan skor yang diperoleh maka LKS yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan.

Kata Kunci : Lembar Kegiatan Siswa (LKS),  IPA kimia tipe connected, berpikir kritis, kelayakan

The purpose of this research is to know the feasibility of student worksheet on chemistry science using connected pattern in food additive matter to practice critical thinking of student. The feasibility criteria of this worksheet views in matter, presentation, suitable with chemistry science using connected pattern, and suitable with critical thinking skills component. Instrument of this research used analysis sheet, validation sheet, test and student response sheet. The data collecting method using questionnaires and test methods. Based on validation test results and the the assessment result, student worksheet get percentage as follows: the feasibility criteria in matter with a percentage of 86%, the feasibility criteria in presentation with a percentage of 81.67%, the criteria of compatibility with chemistry science type connected with a percentage of 90% , criteria for compliance with critical thinking skills component of 77.78% which is supported by the value of critical thinking skills tests which are 80% of students completed posttest and student response for this worksheet is 95%. Based on this results, the student activity is feasible to use.

Keywords : Student worksheet, chemistry science with connected pattern, critical thinking, feasibility

Published
2013-05-30
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 33