KETERAMPILAN PROSES SISWA PADA MATERI POKOK IKATAN KIMIA DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN BLOG DI KELAS X-6 SMA NEGERI 18 SURABAYA (STUDENTS PROCESS SKILLS IN CHEMICAL BONDING MATTER WITH BLOG LEARNING MEDIA IN THE CLASS X-6 SMA NEGERI 18 SURABAYA)

  • I Putu Denny Suhendra Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya.
  • Dian Novita .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses siswa pada materi pokok ikatan kimia dengan media pembelajaran blog. Penelitian ini dilakukan terhadap 15 siswa kelas X-6 SMA Negeri 18 Surabaya. Keterampilan proses yang dinilai terdiri dari mengklasifikasikan, menginferensi, dan memprediksi. Penilaian keterampilan proses didasarkan rubrik penilaian keterampilan proses disesuaikan dengan masing-masing kriteria, dimana rubrik diisi oleh peneliti sesuai kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan yang terdapat di dalam blog. Keterampilan proses dikatakan baik jika mendapatkan persentase ketercapaian ≥ 61% berdasarkan jumlah skor masing-masing kriteria yang dinilai. Penilaian keterampilan proses yang oleh peneliti terhadap 15 siswa, diperoleh persentase keterampilan proses mengklasifikasikan, menginferensi, dan memprediksi masing-masing 88,9%, 75,6%, dan 82,2%, sehingga dapat disimpulkan keterampilan proses siswa selama menggunakan media pembelajaran blog memenuhi kriteria baik, dimana mengklasifikasikan dan memprediksi mendapat kriteria sangat baik, sedangkan menginferensi mendapat kriteria baik.

Kata Kunci: Keterampilan proses, ikatan kimia, blog.

This study aims to determine the process skills of the students in the matter of chemical bonds with blog learning media. This research was done on 15 students of class X-6 SMAN 18 Surabaya. Process skills are assessed consists of classifying, inference, and predict. Process skills assessment based assessment rubric adapted with each of the criteria, where the rubric is  filled by the researcher according student’s ability to answer the question that contained in the blog. Process skills said to be good if get a percentage of achievement of ≥ 61% based on the total score of each criterion assessed. Process skills assessed by the researcher for 15 students, the percentage obtained by process skills to classifying, inference, and predicts respectively 88.9%, 75.6%, and 82.2%, so can conclude the process of students process skills for using blog learning media meets both criteria, which classify and predict got very well criteria, while process skills to inference got well criteria.

Keywords: Process skills, chemical bonding, blog.


Published
2013-05-30
Abstract Views: 93
PDF Downloads: 42