PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI POKOK LARUTAN PENYANGGA UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PLEMAHAN KEDIRI (IMPLEMENTATION OF INQUIRY LEARNING MODEL ON BUFFER SOLUTION MATERIAL TO EXERCISE

  • Tria Endah Fajariani Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
  • Ismono . .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dan respon siswa setelah penerapan model pembelajaran inkuiri pada materi pokok larutan penyangga. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest posttest design. Penelitian ini dilaksanakan di keals XI IPA 2 SMA Negeri 1 Plemahan Kediri. Instrument yang digunakan adalah lembar pengamatan keterlaksanaan sintak dan lembar tes berpikir tingkat tinggi. Data dianalisis secara deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa telah terlatih keterampilan berpikir tingkat tingginya yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai pretes dan postes dengan nilai <g> 0,66 dengan kategori sedang dan rata-rata respon siswa terhadap model pembelajaran inkuiri pada materi pokok larutan penyangga adalah baik.

Kata kunci: inkuiri, berpikir tingkat tinggi, larutan penyangga

The aims of this research are to know the implementation of inquiry learning model on buffer solution material and to know student’s higher order thinking skill after exercised by inquiry learning model on buffer solution material. The design of this research is one group pretest posttest design. The research was carried out in class XI IPA 2 SMAN 1 Plemahan Kediri. The instruments that used are higher order thinking skill outcome test and response questioner sheet of implementation inquiry learning model on buffer solution material. Data were analyzed by descriptive and quantitative method. The results showed student’s higher order thinking skill had exercised that showed by increasing of pretest and posttest score with <g> value 0,66 that categorized enough and generally, students had good response for implementation inquiry learning model on buffer solution material.

Keywords: inquiry, higher order thinking, buffer solution

Published
2013-05-30
Abstract Views: 77
PDF Downloads: 282