IMPLEMENTASI MODEL LEARNING CYCLE 7-E UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI LEVEL SUB-MIKROSKOPIK SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DI SMAN 1 TARIK SIDOARJO (IMPLEMENTATION OF 7-E LEARNING CYCLE MODEL TO REDUCE STUDENT’S MISCONCEPTIONS OF SUB-MICROSCOPIC LEVEL ON

  • Widya Wulandari . Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
  • Harun Nasrudin .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui reduksi miskonsepsi level sub-mikroskopik siswa pada materi hidrolisis garam sesudah pembelajaran dengan model learning cycle 7-E. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode CRI (Certainty of Response Index) untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa. Subyek penelitian ini adalah 31 siswa kelas XI IPA-4 SMA Negeri 1 Tarik Sidoarjo. Sumber data miskonsepsi siswa diperoleh dari hasil tes awal (pre-test) dan akhir (post-test). Miskonsepsi siswa pada materi hidrolisis garam mengalami reduksi dari 43,07% pada hasil pre-test menjadi  11,39% pada hasil post-test dan untuk miskonsepsi level sub-mikroskopik mengalami reduksi dari 51,32% pada hasil pre-test menjadi 12,32% pada hasil post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa miskonsepsi level sub-mikroskopik siswa pada materi hidrolisis garam dapat direduksi melalui implementasi model learning cycle 7-E.

Kata Kunci :    Miskonsepsi, miskonsepsi level sub-mikroskopik, model learning cycle 7-E, certainty of response index

This study aimed to know the reduction of student’s misconceptions of sub-microscopic level on subject matter of salt hydrolysis after learning with 7-E learning cycle model. The study was conducted by using CRI (Certainty of Response Index) to identify student’s misconceptions. This study subjects are 31 students of class XI IPA-4 at SMA Negeri 1 Tarik Sidoarjo. The data sources of student’s misconceptions are gotten from student’s results in pre-test and post-test. Student’s misconceptions on subject matter of salt hydrolysis are reduced from 43,07% at pre-test become 11,39% at post-test and for student’s misconceptions of sub-microscopic level are reduced from 51,32% at pre-test become 12,32% at post-test. This result study shows that student’s misconceptions of sub-microscopic level on subject matter of salt hydrolysis can be reduced by implementation of 7-E learning cycle model.

Keywords :    Misconception, student’s misconception of sub-microscopic level, 7-E, learning cycle model, certainty of response index

Published
2013-05-30
Abstract Views: 104
PDF Downloads: 118