PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF MATERI STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNTUK KELAS X SMA (DEVELOPMENT OF INTERACTIVE MEDIA AT ATOMIC STRUCTURE AND PERIODICAL SYSTEM FOR CLASS X SENIOR HIGH SCHOOL)

  • Bagus Yuli Hernawa Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
  • Rinaningsih . .

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan media interaktif materi struktur atom dan sistem periodik kelas X SMA. Media interaktif ditinjau dari aspek format media dan kesesuaian materi. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) meliputi potensi dan masalah, desain produk, validasi dan uji coba terbatas. Instrumen penleitian berupa angket telaah media, angket validasi media, dan angket repon siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan observasi. Media interaktif ditelaah oleh tiga dosen kimia dan divalidasi oleh satu dosen kimia dan dua guru kimia. Selanjutnya, diujicobakan pada 10 siswa kelas XI IPA-1 SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek. Data penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian dinyatakan layak dari segi format media sebesar 82,22% dan segi kesesuaian materi sebesar 79,17%. Dari hasil uji coba terbatas pada 10 siswa kelas XI IPA-1 SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek diperoleh respon siswa sebesar 98%. Hasil ini menunjukkan bahwa media interaktif yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan untuk media pembelajaran materi struktur atom dan sistem periodik.

Kata Kunci : Media Interaktif, Struktur Atom, Sistem Periodik Unsur.

The purpose of research is used for determine the feasibility of interactive media at atomic structure and periodic system for class X Senior High School. Interactive media assessed from aspect of media formats and materials compatibility. This research use a Research and Development (R&D) method includes potential and problems, product design, validation and limited test. Instrument of the research is questionnaire of media study, questionnaire of media validation , and the questionnaire of students response. Data collection methods used of questionnaires and observation. Interactive media is evaluated by three of chemistry professors and validated by one chemistry professor and two chemistry teacher. Furthermore, tested on 10 students of class XI IPA 1 SMAN 1 Durenan Trenggalek. Data were analyzed descriptively. The results are feasible in terms of media formats by 82.22% and terms of materials compatibility by 79.17%. The results by limited test from 10 students of class XI IPA 1 SMAN 1 Durenan Trenggalek obtained 98%. These results indicate that the developed interactive media declared fit for use for instructional media materials and atomic structure of the periodic system.

Keywords: Interactive Media, Atomic Structure, Periodical System of Element.

Published
2013-05-30
Abstract Views: 58
PDF Downloads: 59