PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATERI POKOK LAJU REAKSI (IMPLEMENTATION INQUIRY LEARNING MODEL FOR TRAINING HIGH ORDER THINKING SKILLS OF THE STUDENTS ON MAIN MATERIAL OF REACTION RATE)

  • Jefta Hendryarto . Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Amaria . .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran inkuiri pada materi pokok laju reaksi. Rancangan penelitian ini adalah Pre-Experimental Design dengan pola one group pretest and postest. Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa diukur dengan metode n-gain score yaitu selisih rata-rata nilai postest dan pretest. Kategori nilai n-gain score adalah rendah jika <g> < 0,3; sedang jika 0,3 < <g> < 0,7; tinggi jika <g> > 0,7. Kemampuan guru dalam mengelola model pembelajaran inkuiri diukur dengan metode skala Likert. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar berpikir tingkat tinggi pada materi pokok laju reaksi dan lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran inkuiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, ini dibuktikan dengan peningkatan rata-rata nilai dari pretest ke postest. Nilai n-gain score <g> yang diperoleh termasuk berkategori tinggi, yaitu 0,71 dan 0,72 untuk indikator produk dan proses. 2) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran inkuiri pada pertemuan I dan II adalah sebesar 82% dan 84%.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Berpikir Tingkat Tinggi, Laju Reaksi.

This study aimed to describe the effect of the application of inquiry learning model to higher-order thinking skills of students and teachers the ability to manage inquiry learning in the subject matter the reaction rate. The design of this study is the Pre-Experimental Design with a pattern of one-group pretest and posttest. Higher order thinking skills of students is measured by the method of n-gain score is the average difference pretest and posttest values​​. Category of n-value gain score is low if <g> <0.3; being if 0.3 < <g> <0.7; higher if <g> > 0.7. Ability of teachers to manage the inquiry learning model was measured by the method of Likert scale. The research instrument used was the test results to learn to think critically on the subject matter and the reaction rate observation sheet management inquiry learning. The results showed that: 1) Model inquiry learning effect on students' higher-order thinking skills, is evidenced by the increase in the average score from pretest to posttest. N-value gain <g> score obtained including high category, 0.71 and 0.72 for product and process indicators. 2) The ability of teachers to manage inquiry learning in a meeting I and II were 82% and 84%.

Key words: Inquiry learning model, High Order Thinking Skills, Reaction Rate.

Abstract Views: 379
PDF Downloads: 342