PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK MATERI TEORI MEKANIKA KUANTUM DAN IKATAN KIMIA (THE DEVELOPMENT OF DIAGNOSTIC TEST CHAPTER QUANTUM MECHANICS THEORY AND CHEMICAL BONDING)

  • Karunia Prihantini Putri Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya
  • Rinaningsih . .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan tes diagnostik materi Teori Mekanika Kuantum dan Ikatan Kimia yang memenuhi kelayakan dari segi validitas isi, validitas bahasa, dan kesensitifannya mendiagnosis kesulitan belajar siswa berdasarkan interpretasi jawaban. Diagnosis kesulitan belajar tersebut dapat menunjukkan letak (tujuan pembelajaran) dan lokal (indikator pembelajaran) kesulitan belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan menggunakan desain penelitian R&D dengan langkah-langkah pengembangan tes diagnostik yang ditetapkan oleh Departemen Pendidikan Nasional tahun 2007. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes diagnostik materi Teori Mekanika Kuantum dan Ikatan Kimia yang dikembangkan telah memenuhi kelayakan dan dinyatakan sangat layak dari segi validitas isi sebesar 83,65% dan dari segi validitas bahasa sebesar 89,72%. Sedangkan hasil penelitian kesensitifan tes diagnostik ditampilkan dalam bentuk ketuntasan belajar pada peta diagnostik kesulitan belajar siswa dan pada tabel analisis kesulitan belajar berupa uraian deskriptif. Pada penelitian berikutnya disarankan untuk mengembangkan tes diagnostik dalam bentuk komputerisasi agar lebih mudah digunakan di lapangan sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga baik bagi guru maupun siswa karena hasil analisis dapat langsung tertera pada output data tes diagnostik.
Kata kunci: Tes Diagnostik, Validitas Isi, Validitas Bahasa, Interpretasi Jawaban, Teori Mekanika Kuantum dan Ikatan Kimia, Kesulitan Belajar.
Abstract
The aim of this research was to develop the diagnostic test chapter Quantum Mechanics Theory and Chemical Bonding that has content validity, language validity, and problem learning diagnose sensitivity value based on interpretation. The diagnose of problem learning could show the position (the aims of learning) and location (the indicators of learning) of student problem learning. The research method used R&D design with research procedures from National Education Department, 2007. The result of this research was diagnostic test chapter Quantum Mechanics Theory and Chemical Bonding is very valid with 83,65% of content validity and 89,72% of language validity. The diagnose sensitivity of student problem learning was shown in completeness indicators on student problem learning diagnostic map and the description of problem learning that happen to students on problem learning analyze table. The next research is recommended to develop computerize diagnostic test because it make the application of diagnostic test be more easy to use so it can be efficient in time and work both of teacher and student. The result of analyze will be written directly at output data of diagnostic test in computer.
Keywords: Diagnostic Test, Content Validity, Language Validity, Interpretation, Quantum Mechanics Theory and Chemical Bonding, Student Problem Learning.
Published
2013-05-30
Abstract Views: 488
PDF Downloads: 610