PENGEMBANGAN TES UNTUK MENGANALISIS KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA SMA KELAS XI (DEVELOPMENT TEST TO ANALYZE THE COMPLETENESS OF STUDENTS LEARNING OUTCOMES OF ELEVENTH GRADE STUDENTS)

  • Supanji Santoso . Jurusan Kimia, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya
  • Rinaningsih . .

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tes diagnostik untuk materi sistem
koloid yang dikembangkan telah memenuhi syarat validitas kontruksi dan validitas
isi, untuk mengetahui tes diagnostik yang dikembangkan dapat mendiagnostik
kesulitan belajar siswa pada materi sistem koloid. Penelitian dilakukan di kelas XI-A
SMA YPI Darussalam pada tahun pelajaran 2010/2011 dengan subyek penelitian
yaitu seluruh siswa kelas XI-A pada uji coba I dan 10 orang siswa kelas XI-A dan
XI-B pada uji coba II.Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa tes diagnostik ini
layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk SMA kelas XI dengan validitas
kontruksi sebesar 93,89% danvaliditas isi sebesar 85,71% serta dengan hasil ratarata
respon siswa sebesar 78%.
Kata kunci: Tes diagnostik, Validitas kontruksi, Validitas isi dan Respon siswa.

research from this study to determine whether diagnostic tests for colloidal systems
developed material has been qualified construction validity and content validity, to
determine whether the diagnostic tests can be developed students learning
difficulties in the matter of colloidal systems. The study was conducted in class XI-A
high school in the school year YPI Darussalam 2010/2011 with the research subjects
all students of class XI-A on the first test and 10 students of class XI-A and XI-B on
the test results II. This diagnostic shows fit for use as a medium of learning for high
school construction class XI with the validity of the content and validitas 93.89% of
85.71% and the average yield response of students by 78%.
Keyword: Dagnostic tests, Construct validity, Content validity and Students
responses.
Published
2013-05-30
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 108