Pengembangan LKPD Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Kesetimbangan Kimia

Authors

  • ANITA RAHMAWATI
  • BERTHA YONATA

DOI:

https://doi.org/10.26740/ujced.v8n2.p%25p

Abstract

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Contextual Teaching and Learning bertujuan untuk melatihkan keterampilan proses sains pada materi kesetimbangan kimia. LKPD ini disusun berdasarkan komponen CTL dengan keterampilan proses sains yang dilatihkan adalah merumuskan masalah, mengontrol variabel, membuat hipotesis, merancang investigasi, mengumpulkan dan mencatat data, menganalisis dan menginterpretasi data, serta membuat kesimpulan. Kelayakan LKPD yang dibahas meliputi: (1) validitas yang ditinjau dari kriteria isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikan, (2) kepraktisan yang ditinjau dari respon peserta didik, dan (3) keefektifan yang ditinjau dari tes keterampilan proses sains. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang dibatasi hanya sampai uji coba terbatas terhadap 16 peserta didik kelas XI IPA SMAN 11 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan LKPD yang ditinjau dari kriteria isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikan dikatakan sangat layak dengan persentase berturut-turut 89,77%; 90,12%; 84,44%; dan 90,66%. Kepraktisan yang ditinjau dari respon peserta didik memperoleh respon positif dengan persentase 99,16% dengan kategori sangat layak. Keefektifan yang ditinjau dari hasil tes keterampilan proses sains mendapatkan n-gain score berkisar antara 0,68-0,91 dengan kategori sedang-tinggi sehingga LKPD dikatakan layak, serta data pendukung berupa hasil tes pengetahuan tuntas karena mendapatkan nilai ?75 dengan ketuntasan klasikal sebesar 87,5%.

Kata kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Contextual Teaching and Learning, keterampilan proses sains, kesetimbangan kimia

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-06-27

Issue

Section

Articles
Abstract views: 431 , PDF Downloads: 464