PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA MATERI REDOKS DI SMAN 1 CERME

  • DEVI NURWIDYA WAHYUNI
  • RUSMINI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan sosial siswa yang meliputi keterampilan komunikasi (berpendapat) dan keterampilan bekerjasama dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif dan model pengajaran langsung. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Cerme dengan menggunakan rancangan peneltian One Shoot Case Study. Penerapan model pembelajaran kooperatif dilaksanakan pada pertemuan ke I, II, dan IV sedangkan penerapan model pengajaran langsung pada pertemuan ke III. Metode pengumpulan data untuk keterampilan sosial melalui observasi dengan menggunakan lembar observasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa keterampilan sosial siswa yang meliputi keterampilan berpendapat mendapatkan pesentase antara 72,22% sampai 79% dengan kategori sangat baik. Sedangkan untuk keterampilan bekerjasama siswa pada pertemuan I, II, dan IV mendapatkan presentase antara 82,35% sampai 88,89% dengan kategori sangat baik.

Kata kunci: Kooperatif, Pengajaran langsung, Keterampilan sosial



Abstract

This study aims to trained student social skill include communication skill (argue) and collaborating skill with applying the cooperative learning and direct instruction model. The target of this study was students grade X SMAN 1 Cerme using the research one shoot case study. The application of the cooperative learning model have been implemented at the meeting I, II, IV and direct instruction model at meeting III. Data collection methods for student social skill by observation sheet. The result of the analyzed data is students social skill with include argue skill with percentage of 72,22% until 79% with very good criteria. While for student collaborating skills at meetings I, II, and IV respectively reach percentage of 82,35% until 88,89% with very good criteria.

Keywords: Cooperative learning, Direct instruction, Social skill

Published
2019-06-27
Section
Articles
Abstract Views: 3
PDF Downloads: 24