MELATIHKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY KELAS XI SMA NEGERI 4 SIDOARJO PADA MATERI LAJU REAKSI

  • CHOLIFATUL IZZAH
  • UTIYA AZIZAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan metakognitif siswa melalui penerapan model pembelajaran guided inquiry pada materi laju reaksi kelas XI SMA. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Sasaran penelitian ini adalah 36 siswa kelas XI di SMAN 4 SIDOARJO selama dua kali pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi berupa pengamatan terhadap keterlaksanaan model pembelajaran guided inquiry, metode tes yang berupa soal keterampilan metakognitif, dan metode angket berupa inventori metakognitif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) keterlaksanaan model pembelajaran guided inquiry pada tiap fase diperoleh persentase 93,6%; 97,2%; 95,8%; 92,8%; 92,4% dengan kriteria sangat baik, yang didukung dengan data aktivitas siswa yang relevan, 2)Nilai keterampilan metakognitif pada dimensi planning skills, monitoring skills, evaluating skills berturut-turut sebesar 89,3; 88,4; dan 81,5 secara keseluruhan dengan kategori sangat baik. 3) Nilai inventori metakognitif pada dimensi planning skills, monitoring skills, evaluating skills berturut-turut sebesar 81,75; 78,77; 77,66 dengan kriteria berturut-turut sangat baik, baik, dan baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran guided inquiry dapat digunakan untuk melatihkan keterampilan metakognitif siswa.

Kata Kunci: Guided Inquiry, Keterlaksanaan, Keterampilan Metakognitif, Inventori Metakognitif
Published
2019-06-27
Section
Articles
Abstract Views: 95
PDF Downloads: 98