IMPLEMENTATION OF PROBLEM SOLVING MODEL TO TRAIN STUDENTS CREATIVE THINKING SKILL

  • QORY Laila LAILA RUSDA Jurusan Kimia FMIPA UNESA

Abstract

The aim of this research is to know the implementation of problem solving model to train student`s creative thinking skill. This research subject is the sixth class of science grade XI in Senior High School 1 Sidoarjo. Type of this research is pre experiment with one group pretest-posttest design. Technique that is used to collect data isĀ  test method to measure creative thinking skill level. The result of this research shows that problem solving model can improve creative thinking skill in medium category with the gain score is 0,3.

Keyword: problem solving, creative thinking, solubility product

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran problem solving dalam melatih keterampilan berpikir kreatif siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelasĀ  XI IPA 6 di SMA Negeri 1 Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah praeksperimen dengan desain penelitian pretes postes kelompok tunggal. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode tes untuk mengetahui tingkat keterampilan berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembelajaran problem solving keterampilan berpikir kreatif siswa secara klasikal meningkat dengan kategori sedang dengan nilai gain sebesar 0,3.

Kata kunci: Problem Solving, Berpikir Kreatif, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan.


Published
2012-09-01
Section
Articles
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 39