Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Strategi Predict Observe Explain (POE) pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMAN 11 Surabaya

Authors

  • MIFTACHUL AMALIYAH
  • HARUN NASRUDDIN

DOI:

https://doi.org/10.26740/ujced.v8n3.p%25p

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan keterlaksanaan strategi Predict Observe Explain (POE), aktivitas dan keterampilan berpikir kritis materi kesetimbangan kimia kelas XI SMA Negeri 11 Surabaya. Desain penelitian yang digunakan adalah (One group pretest posttest design) dengan objek penelitian XI IPA-4 berjumlah 34 orang. Perangkat pembelajaran yang diterapkan yaitu silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, LKPD, lembar tes keterampilan berpikir kritis. Instrument yang digunakan yaitu lembar keterlaksanaan dan observasi aktivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan POE pertemuan 1-3 secara berurutan yaitu 97,05%; 98,44%; 98,82%. Total persentase aktivitas peserta didik yang relevan selama pembelajaran pertemuan 1 hingga 3 sebesar 95,56%; 97,41%; 98,15%. Keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam kategori rendah yakni 6%, kategori sedang sebesar 26% dan 68% dalam kategori tinggi.

Kata kunci: Predict Observe Explain, Keterampilan Berpikir Kritis, Kesetimbangan Kimia.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-09-16

Issue

Section

Articles
Abstract views: 408 , PDF Downloads: 406