PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA KELAS XI SMA

  • SITI NUR LATIFAH
  • ISMONO

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan melatihkan keterampilan proses sains menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 3 SMAN 2 Kota Mojokerto sebanyak 36 siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitaif dengan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada pertemuan pertama, kedua, dan ketiga sebesar 85,85%, 87,74%, dan 90,86%. (2) aktivitas peserta didik yang termasuk dalam keterampilan proses sains yang diamati yaitu merumuskan masalah dan hipotesa, menuliskan variabel, melakukan percobaan/ pengamatan, menuliskan data percobaan, menganalisa data, dan menarik kesimpulan. Aktivitas peserta didik yang relevan lebih tinggi daripada aktivitas yang tidak relevan. (3) Hasil belajar keterampilan proses sains peserta didik terjadi peningkatan dengan kategori sangat baik, sedangkan hasil belajar ranah pengetahuan tuntas secara klasikal sebesar 88,89%. (4) Respon peserta didik terhadap pembelajaran sebesar 89,94%. Sesuai dengan hasil dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT bisa digunakan untuk melatihkan keterampilan proses sains peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 2 Kota Mojokerto.Kata kunci : model pembelajaran kooperatif, keterampilan proses sains, kesetimbangan kimia
Published
2019-09-16
Section
Articles
Abstract Views: 4
PDF Downloads: 61