Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif TipeThink Pair Share yang dipadukan Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Siswa pada Materi Reaksi Reduksi-Oksidasi Kelas X

  • SETYO PUJI ASTUTIK
  • RUDIANA AGUSTINI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan sintaks model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share yang dipadukan Make A Match, aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan motivasi belajar siswa. Rancangan penelitian menggunakan One group pretest-posttest design dengan sampel penelitian sebanyak 36 siswa kelas X MIA-2 SMA Negeri 1 Sumberrejo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan pada pertemuan pertama dan kedua memperoleh kriteria baik atau sangat baik pada setiap fase dengan persentase 61 %. (2) aktivitas siswa selama pembelajaran terlaksana dengan baik yaitu persentase aktivitas relevan ( 61 %) lebih besar dibandingkan persentase aktivitas tidak relevan. (3) hasil belajar menunjukkan bahwa sebesar 91,67 % siswa telah mencapai ketuntasan secara klasikal dan peningkatan hasil belajar melalui gain score diperoleh sebesar 86,11 % siswa mendapat kategori tinggi dan sebesar 13,89 % siswa mendapat kategori sedang. (4) motivasi belajar siswa yang diukur menggunakan angket motivasi ARCS mengalami peningkatan dari 47,43 % dengan kriteria cukup menjadi 78,25 % dengan kriteria baik.

Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share, Make A Match, reaksi reduksi oksidasi

Published
2019-09-16
Section
Articles
Abstract Views: 117
PDF Downloads: 132