UJI VALIDITAS KIT PRAKTIKUM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA SUB MATERI PENENTUAN PERSAMAAN LAJU REAKSI

  • SIGIT TRIMAYANTO
  • DIAN NOVITA

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan validitas isi dan konstruk KIT Praktikum Penentuan Persamaan laju Reaksi beserta perangkatnya. KIT Praktikum beserta perangkat yang dikembangkan ini disesuaikan dengan keterampilan yang akan dilatihkan yaitu Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian dan pengembangan. Instrument penelitian yang digunakan terdiri atas lembar telaah dan lembar validasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif untuk mengetahui validitas KIT Praktikum beserta perangkat yang dikembangkan. Media dikatakan valid apabila memiliki persentase validitas minimal sebesar 61% atau berada pada kategori valid hingga sangat valid. Media KIT Praktikum Penentuan Persamaan Laju Reaksi yang dikembangkan telah dinyatakan valid dari segi isi yang ditunjukkan dengan perolehan persentase rata-rata validasi isi KIT Praktikum sebesar 86,67 %, Lembar Kerja Siswa (LKS) sebesar 82,78 %, dan Buku Panduan Praktikum sebesar 86,67 %. Media KIT Praktikum Penentuan Persamaan Laju Reaksi yang dikembangkan telah dinyatakan valid dari segi konstruk yang ditunjukkan dengan perolehan persentase rata-rata validasi konstruk KIT Praktikum sebesar 87,78 %, Lembar Kerja Siswa (LKS) sebesar 83,33 %, dan Buku Panduan Praktikum sebesar 84,17 %.

Kata kunci: Validitas, KIT Praktikum, Keterampilan Proses Sains, Penentuan Persamaan laju Reaksi






Published
2019-09-16
Section
Articles
Abstract Views: 278
PDF Downloads: 230