Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Problem Solving untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI pada Materi Kesetimbangan Kimia

  • RUSDIANA DEWI
  • UTIYA AZIZAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kelayakan dari Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berorientasi problem solving untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis pada materi kesetimbangan kimia. Kelayakan dari LKPD yang dikembangkan ditinjau dari tiga aspek yakni kevalidan, kepraktisan, serta keefektifan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D) yang diujicobakan pada 12 peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD dinyatakan layak dari aspek kevalidan memperoleh hasil validitas isi yang ditinjau dari kriteria kesesuaian dengan materi dan kompetensi dasar, kesesuaian dengan komponen problem solving, dan kesesuaian dengan komponen keterampilan berpikir kritis masing-masing sebesar 80,89%,77,34%, dan 80,45%, serta validitas konstruk ditinjau dari kriteria bahasa, kegrafikan, dan penyajian masing-masing memperoleh hasil sebesar 80%, 86,3%, dan 88,33%, kesemuanya memperoleh kategori valid hingga sangat valid. Kepraktisan memperoleh hasil rata-rata observasi aktivitas peserta didik sebesar 97,22% dan respon peserta didik pada kriteria isi, bahasa, kegrafikan dan penyajian masing-masing memperoleh hasil sebesar 97,62%, 89,58%, 96,67% dan 91,67%. Keempat kriteria tersebut berada pada kategori baik hingga sangat baik. Keefektifan berdasarkan peningkatan hasil pretest-posttest keterampilan berpikir kritis peserta didik yang memperoleh persentase sebesar 100% dengan skor n-gain pada rentang 0,529-0,901 dengan kategori sedang hingga tinggi.Kata kunci: Kelayakan LKPD, problem solving, keterampilan berpikir kritis, kesetimbangan kimia
Published
2019-09-16
Section
Articles
Abstract Views: 658
PDF Downloads: 600