PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) UNTUK MELATIHKAN MULTIPLE INTELLIGENCES SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA KELAS X MAN SURABAYA

  • MUHAMMAD FAHMI RIDLO
  • DIAN NOVITA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melatihkan multiple intelligences dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri POGIL pada submateri ikatan ion, ikatan kovalen, dan ikatan kovalen koordinasi di kelas X MIPA 3 MAN Surabaya.Jenis yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design.Dengan menggunakan instrumen diantaranya lembar obsevasi keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri POGIL, lembar observasi aktivitas siswa, lembar tugas portofolio makalah kecerdasan linguistik, dan lembar pretest posttest kecerdasan logis-matematis dan kecerdasan visual-spasial. Hasil penelitian yang diperoleh antara lain: (1) Keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri POGIL untuk melatihkan multiple intelligences siswa mendapat persentase rata-rata skor pada pertemuan 1, 2, dan 3 secara berturut-turut sebesar 84,8 (baik sekali), 85,1 (baik sekali) dan 87,5 (baik sekali). (2) Aktivitas siswa pada proses pembelajaran mendapat persentase waktu aktivitas siswa yang relevan lebih besar dari persentase aktivitas siswa yang tidak relevan yaitu dengan perolehan pada pertemuan 1, 2, dan 3 secara berturut-turut sebesar 99,0 (baik sekali), 94,3 (baik sekali), 96,4 (baik sekali). (3) Hasil belajar multiple intelligences pada kecerdasan linguistik memperoleh nilai rata-rata sebesar 87 dengan persentase ketuntasan sebesar 97%, pada hasil belajar kecerdasan logis-matematis memperoleh nilai rata-rata sebesar 80 dengan persentase ketuntasan sebesar 85%, dan pada hasil belajar kecerdasan visual-spasial memperoleh nilai rata-rata sebesar 87 dengan persentase ketuntasan sebesar 100%. Dengan hal tersebut, dapat dikatakan bahwa pembelajaran dikatakan telah berhasil karena persentase ketuntasan siswa lebih besar dari 75% dari jumlah siswa.

Kata kunci: Model Pembelajaran Inkuiri POGIL, Multiple Intelligences, Ikatan Kimia.


This study aims to train the multiple intelligences by using the POGIL inquiry learning model on the sub-material ion bonds, covalent bonds, and coordination covalent bonds in class X MIPA 3 MAN Surabaya. The type of research used is descriptive quantitative by using the design of One-Group Pretest-Posttest Design. The instruments used were observation sheets for implementation of POGIL inquiry learning model, student activity observation sheet, assignment sheet portfolio of linguistic intelligence papers, and sheets of pretest posttest logical-mathematical intelligence and visual-spatial intelligence. The results of the research obtained include: (1) Implementation of the POGIL inquiry learning model to train the multiple intelligences of students to get an average percentage of scores at meetings 1, 2, and 3 in a row of 84.8 (very good), 85.1 (very good) and 87.5 (very good). (2) Student activities during the learning process get the relevant percentage of student activity time greater than the percentage of student activities that are irrelevant to the acquisition of meetings 1, 2, and 3 in a row of 99.0 (very good), 94.3 (very good ), 96.4 (very good). (3) Learning outcomes of Multiple intelligences on linguistic intelligence obtained an average value of 87 with a percentage of completeness of 97%, on learning outcomes of logical-mathematical intelligence obtained an average value of 80 with a percentage of completeness of 85%, and on learning outcomes of visual intelligence spatial obtained an average value of 87 with a percentage of completeness of 100%. With this, it can be said that learning is said to have succeeded because the percentage of student completeness is greater than 75% of the number of students.

Keywords: POGIL Inquiry Learning Model, Multiple Intelligences, Chemical Bonds

Published
2019-09-16
Section
Articles
Abstract Views: 240
PDF Downloads: 283